HADAPI REVOLUSI INDUSTRI 4.0, KEMDIKBUD DORONG LULUSAN SMK LEWAT SERTIFIKASI INTERNASIONAL TOEIC

  • admin41
  • Senin, 08/04/2019
  • Umum
  • 8 hits

VIERA TOEIC

Perkembangan dunia kerja telah memasuki era revolusi industri 4.0 yang setiap individu dituntut untuk terus menawarkan daya saing yang unggul. Perkembangan dunia yang begitu pesat memberikan implikasi yang sangat signifikan terhadap peningkatan mutu dunia pendidikan. Di samping pembentukan karakter siap kerja, lulusan SMK juga harus dipersiapkan dengan kemampuan teknologi (TIK) dan berkomunikasi dengan bahasa Inggris yang merupakan bahasa internasional, bisnis, dan teknologi.

Secara keseluruhan ada tiga pondasi penopang revolusi industri 4.0, yaitu Internet of Things, Artificial Intelligence, dan Human-Machine Interface. Kemampuan berbahasa Inggris merupakan salah satu kunci keberhasilan memenangi persaingan dunia kerja pada era revolusi industri 4.0 ini. Kemampuan memperoleh informasi ter-update akan membuka akses terhadap peluang memperoleh pekerjaan dan peningkatan karier yang gemilang.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan melalui Direktorat Pembinaan SMK secara konsisten melakukan upaya-upaya yang berkesinambungan untuk mendorong dan memupuk peningkatan mutu pendidikan bahasa Inggris secara mandiri di SMK. Di antaranya melalui penyaluran Bantuan Ujian Sertifikasi Internasional Kemampuan Bahasa Inggris dengan TOEIC bagi siswa SMK di Indonesia. Sejak diselenggarakannya program tersebut pada tahun 2016, animo SMK dalam memperoleh bantuan sertifikasi internasional TOEIC semakin meningkat. Pada tahun 2019, Direktorat Pembinaan SMK kembali membuka peluang bagi SMK di seluruh Indonesia untuk memperoleh bantuan tersebut.

Seperti pelaksanaan tahun-tahun sebelumnya, penyaluran bantuan Ujian Sertifikasi Internasional TOEIC bagi siswa SMK pada tahun 2019 juga melalui proses seleksi untuk memastikan bantuan diterima secara tepat sasaran oleh para siswa SMK yang memiliki keunggulan berbahasa Inggris. Kesempatan ini terbuka bagi setiap siswa SMK di Indonesia.

TOEIC adalah standar kemampuan berbahasa Inggris yang diterima dan diakui secara internasional. Sejak diluncurkan oleh ETS pada tahun 1979, TOEIC telah digunakan secara global dan menjadi alat ukur kemampuan berbahasa Inggris yang paling banyak digunakan di dunia kerja.


Source :

http://psmk.kemdikbud.go.id/konten/4267/hadapi-revolusi-industri-40-kemdikbud-dorong-lulusan-smk-lewat-sertifikasi-internasional-toeic

: tanpa label

Apabila ada yang ingin dikonsultasikan, silakan untuk menghubungi kami.