PENGESAHAN 81 SKEMA SERTIFIKASI KUALIFIKASI LEVEL IL DAN LEVEL ILI UNTUK LSP P1 SMK

  • Admin41
  • Senin, 29/04/2019
  • Umum
  • 103 hits

Pengembangan sistem sertifikasi di dunia pendidikan khususnya di SMK merupakan keniscayaan yang harus dilakukan karena hal tersebut menjadi amanat regulasi baik regulasi terkait pendidikan ataupun ketenagakerjaan Pemberian sertifikat kompetensi selain sebagai bentuk pengakuan atas capaian kompetensi peserta didik juga merupakan salah satu bentuk quality assurance atas output dunia pendidikan yang disiapkan untuk memasuki dunia kerja Sesuai dengan Instruksi Presiden Nomor 9 Tahun 2016 tentang Revitalisasi SMK dalam rangka Peningkatan Kualitas dan Sumber Daya Manusia Indonesia, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan mendapatkan tugas diantaranya untuk meningkatkan akses sertifikasi lulusan SMK bersama BNSP. Untuk melaksanakan tugas tersebut, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan mengembangkan akses sertifikasi kompetensi bagi peserta didik SMK melalui pembentukan Lembaga Sertikasi Profesi Pihak pertama (LSP P1) SMK dan mengembangkan infrastruktur sertifikasinya.

Sampai dengan bulan Maret 2019, 861 LSP P1 SMK telah mendapatkan lisensi oleh Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP), dari jumlah tersebut, telah ditetapkan jumlah jejaring kerja LSP P1 SMK sebanyak 4.773 SMK yang mampu memberikan akses sertifikasi sekurang-kurangnya bagi 1.174.764 siswa SMK.


Untuk meningkatkan akses sertifikasi kompetensi bagi peserta didik SMK, maka Kemendikbud berupaya untuk memenuhi kebutuhan infrastruktur sertifikasi kompetensi di SMK antara lain dengan mengembangkan Skema Sertifikasi KKNI Level Il yang dapat digunakan oleh LSP P1 SMK. Kerja sama antara Kemendikbud dan BNSP untuk menyusun skema sertifikasi telah dilakukan sejak tahun 2015 dimana terdapat 64 skema sertifikasi yang telah digunakan oleh LSP P1 SMK. Skema sertifikasi merupakan pengemasan paket kompetensi dan persyaratan lain yang berkaitan dengan kategori jabatan dan keterampilan tertentu.

Kemendikbud dan BNSP juga telah menyelesaikan 81 skema sertifikasi, dimana 78 skema sertifikasi diantaranya merupakan skema baru, sementara itu 3 skema sertifikasi lainnya merupakan skema pembaharuan. Pada hari ini tanggal 18 April 2019 dilaksanakan acara pengesahan 81 skema sertifikasi untuk LSP P1 SMK. Dengan disahkannya 81 skema sertifikasi tersebut, maka infrastruktur sertifikasi kompetensi bagi LSP P1 SMK bertambah menjadi 142 skema sertifikasi kompetensi. Skema yang baru tersebut dapat segara digunakan oleh SMK pendirian LSP P1 SMK ataupun penambahan ruang lingkup LSP P1 SMK. Dengan semakin meningkatnya akses sertifikasi melalui LSP P1 SMK diharapkan dapat mendukung peningkatan kualitas SMK untuk menghasilkan lulusan yang kompeten dan berdaya saing.

Sumber: Direktorat Pembinaan SMK

: tanpa label

Bagaimana pendapat Anda mengenai informasi yang disampaikan dalam website ini ?

Apabila ada yang ingin dikonsultasikan, silakan untuk menghubungi kami.